Senin, 02 Januari 2017

"Se-TAHUN" di Gn Merbabu

Well,,, assalamu'alaikum wr.wb...πŸ˜ƒπŸ˜ƒ

Terakhir tulis blog waktu 17 Agustus 2016, yah oke gw bakal nulis - nulis lagi karena sekarang fully di kantor "belom  ke site lagi" (ini belum pasti sii πŸ˜€πŸ˜€).  Gw mau sharing pengalaman waktu pertama kali nanjak ke GUNUNG MERBABU. Yes, siapa sih yang gak tau merbabu??? Gunung yang terkenal dengan keindahan padang rumput alias SABANA-nya. Gw ngebet dan agak maksain dikit sii sebetulnya buat nanjak gunung ini karena udah jatuh cintaaaaaa berat (baru liat di foto - foto doang) dan alhasil gw mepetin temen gw namanya Radian (kalo yang mau tau siapa itu radian, bisa baca postingan gw sebelumnya pas di Gn Papandayan) buat nganterin gw kesana dan alhasil dia mau Yeeeeaaaayyyyy πŸ™ŒπŸ™Œ. Specially buat Radian (gw cinta banget ke elu bang, thankyou broh 😘😘😘, sorry lebay dikit).

Rencana nanjak Merbabu sebetulnya hampir GAGAL, lebih tepatnya nyaris gagal gegara kerjaan "Ijin & Konstruksi Landfill" gw harusnya cuti balik ke jakarta dari kalimantan tapi pada kenyataannya gw ke Jakarta buat kerja lagi dan udah gak ada tiket kereta pula dari JKT - JOG hufttt (pengen nangis gww....) dan saking bingungnya tanggal 26 Desember 2016 gw akhirnya nego alias kesepakatan sama BOS.

Gw :"Pa saya bakal selesein ini kerjaan sebelum tanggal 30 Desember, tapi tolong saya dibelikan tiket pesawat dari Halim ke Adi Sucipto"
Bos :"OK,masalah itu gampang. Selesaikan terlebih dahulu pekerjaan tersebut."

YEAAAAAHHHHHHHHHH, rasanya tuh kek dapet THR double guys, akhirnya semangat itu muncul lagi brohhhh. Pas tanggal 30 Des 2016 gw berangkat dari HLP - JOG pake CITILINK sambil bawa - bawa carrier 45 Liter. Sebelum take off gw ngabarin radian kalo pesawat landing di Jogja sekitar pukul 21.00 WIB dan dia ngejanjiin buat njemput. Nyampai di jogja pas jam 21.00 dan gw telpon radian gak diangkat - angkat (dalem hati FAKKK banget ini bocah 😐). Akhirnya gw mutusin naik gocar buat ke malioboro (bang gocar thanks udah mau njemput dan ngeladenin saya setelah sekian banyak saya di tolak driver lain) dan alhamdulillah nyampe hotel (ini booking dadakan ya, cek in jam 12.00 malem).

Jam 05.00 tanggal 31 Des 2016 gue bangun dan siap siap buat repacking (ini packingan gak cuma gear tracking guys, tapi campur aduk baju gue selama 2 minggu di jakarta gegera kerja di jakarta). Gue sarapan sambil nelponin Radian (FYI dari jam 5.00 pagi tanggal 31 masii belum ada kabar dari radian) dan diangkat baru jam 09.00 pagi (OMG). Setelah ngbrol - ngobrol alhasil gue mutusin "ya udah mas, aku aja yang nyampering ke kaliurang. GAK PAPA kok" sebetulnya sii kenapa napa tapi yasudahalah.

Sekitar hampir 1 jam perjalanan dari malioboro ke kaliurang, dan akhirnya ketemu sama mas radian plus temen - temennya.

Radian :"weitss,, nyampe juga, jam berapa dari sana wid?"
Gue      :"iya mas, alhamdulillah. aku nepatin janji kan?? mau berangkat jam berapa?"
Radian :"nanti agak siangan kata temenku wid. dia lagi beli logistik sama nyiapin barang lainnya.      kamu tunggu aja disini. oh iya tendanya cuma satu, gak papa kan bareng bareng?"
Gue      :"(agak mikir lama, bisa - bisa gue di labrak cewenya. pikiran gue waktu itu tapi ya sudahlah) iya gpp mas, nanti kan bisa di batesin"
Radian  :"ok deh kalo gitu"

Nunggu nunggu nunggu, temen bang radian dateng ada 2 orang namanya ALDI dan SAFRIAN. Ternayata yang ikut nanjak kali ini bang Aldi. FYI, bang aldi orang samarinda. Pas tau aku onsite project di balikpapan dia lumayan nanya banyak. alhamdulillah gak kaku kaku amat jadinya.
Ok let's go to the topic....

Kita berangkat dari kali urang ke basecamp selo, boyolali pake motor guys. Waktu tempuh kurang lebih 1 jam. Start tanggal 31 Des 2016 pukul 13.00 siang, sampai basecamp pukul 15.00 sore. Oh iya pas itu lagi grimis gak redaa reda, jadi kita mutusin nunggu sebentar sambil cari - cari info ke pendaki lainnya. Setelah dirasa memungkinkan, sekitar pukul 16.00 sore kita start tracking guys. Via SELO lama ya guys (aku ngikut bang radian aja selaku tour guide).

Lumayan kabut tebel juga ngiringin perjalanan kita dan gerimis melanda. Gw gak tau nyampe dimana jam berapa tau tau sampai di camp kalo gak salah sabana 1 sekitar pukul 20.00, pas ujan gede - gedenya. Basah basah semua sebasah basahnya.... berrrr dingin banget. Gelar tenda terus ganti baju, dimasakin makan malem sama mas aldi (sabar banget orangnya). Terus kita lanjut tidur.

Niat bangun pagi buat lanjut ke sabana 2 dan summit puncak, gak kesampaian. Kita bertiga bagun sekitar jam 05.00 tanggal 01 Jan 2017. Tahun baru gue cuma tidur ditemenin hujan di atas gunung. Well it's not a big problem lah ya. Jam  05.15 gue keluar tenda bareng mas radian buat nikmati sunrise di atas gunung dengan pemandangan the big one "MERAPI" yes (besok kapan kapan harus kesana liat merbabu).

Kita bertiga sarapan, dan jalan ke sabana buat lepas penat sambil ngobrol ngobrol ringan. Lumayan cukup lama, dan jam 10.00 kita balik  tenda buat sarapan. Kelar sarapan, langsung  bebenah dan jemur hampir sebagian gear kita yang basah karena hujan semalem. Lanjut tidur lagi........😢😢😢

Tepat pukul 12.00 siang kita turun dan sampai di basecamp sekitar pukul 15.00 sore. Kita bertiga bersih bersih badan dan langsung cabut ke jogja (naik motor pasti). Tiba di jogja sekitar jam 16.00 sore, gue pamit sama temen temen langsung ke stasiun lempuyangan buat nguber kereta jam 17.00.
Well alhamdulillah dapet keretanya dan gue lanjut tidur dikereta sambil nunggu naympe di Purwokertro.

Dan demikiann cerita gue kali ini. Mungkin kapan -kapan gue bisa ke puncak klenteng sono tapi lewat jalur lain. Swanting misalnya..

Salam Ransel
Ig @widyastutimugirahayu

Senin, 22 Agustus 2016

Kemerdekaan di Puncak Gunung Batu Jonggol, Bogor

view puncak gunung batu
Gak ada niatan sebetulnya buat tujuhbelasan di atas gunung jadi ya emang gak terlalu ngarepin dan gak bikin plan apapun, karena tanggal 17 Agustus 2016 kebetulan saya ada tugas ngegantiin ngawasin orang – orang kerja di Proyek (namanya juga Kuli, ya kudu nurut hehehe >,<). Site saya sih di Kedung Badak – Bogor Baru. Pagi – pagi buta gw berangkat ke site naik KRL dari Bekasi ke Cilebut buat mimpin meeting pagi (rutinitas biasa), langsung kita mulai pengeborang minimal bisa dapet 3 meter dan saya bisa pulang ke Bekasi buat joint online meeting bareng HSE Indonesia Reg Bekasi. Sekitar pukul 10.00 WIB saya nyampe di Bekasi lagi (iya pake KRL), Alhamdulillah gak telat sih bisa tepat waktu. Secara emang tanggal 17 Agustus tanggal merah alias gawe rata – rata pada libur.

Saya meeting online di MC’D Grandwisata dari jam 10.00 s/d 12.00 WIB. Entah ada pikiran apa saya, langsung aja saya BBM temen eks proyek dulu si “OM” buat nanjak ke Gunung Batu, Jonggol. Nama aslinya si “OM” Ade Kurniawan tapi ya enak aja manggil “OM” hehehe. Sebetulnya agak kasian juga sama si “OM” karena malemnya dia lembur sampe jam 03.00 WIB pagi (maklum anak Project juga). Habis meeting saya langsung ganti baju dan ambil daypack sambil nunggu si “OM” dateng.

meeting online di MC'D Grandwisata
Nyampe di kost saya sekitar jam 14.00 WIB dan kita langsung cus berangkat berbekal mbah gugel sebagai petunjuk arah. Oh iya untuk review sedikit mengenai Gunung Batu Jonggol. Gunung Batu Jonggol ada;aj sebuah gunung yang berada di daerah Jonggol, Kabupaten Bogor yang punya ketingguan 875 mdpl. Saya rasa tempat ini kurang tepat kalo dikatakan sebuah Gunung, lebih tepatnya Bukit atau tebing batu karena 70% struktur tanahnya batuan. Mungkin bagi rekan – rekan yang berdomisili di area JABODETABEK sudah gak awam lagi dengan Gunung Batu Jonggol. Karena lokasinya memang tidak terlalu jauh untuk ditempuh.

Saya sarankan untuk menuju kesana lebih baik menggunakan transportasi pribadi ya karena jika menggunakan transportasi umum akan lebih repot (ibarat kata udah repot bawa diri sama tentengan ditambah direpoti sama abang angkot hehehe). Repotnya karena menuju lokasi masih jarang dilewati angkutan umum.

Kemarin saya memilih menggunakan sepeda motor untuk lebih praktis dan efisien. Oh iya kami berdua berangkat dari “Metland Tambun Bekasi” dan berikut review perjalanannya :
1. Dari arah cibinong, cibubur, Bantar gebang maka ambil kea rah cileungsi. Setelah sampai di flyover cileungsi, lurus teruske arah jonggol melalui Taman Wisata Mekarsari dan Perum Citra Indah. Jika dari arah Bekasi lewat Setu ambil arah ke Mekarsari lewat Metland Cileungsi dan Metland Transyogi (untuk jalur yang lebih aman) ->>> ini menurut saya.
2. Ikuti jalan tersebut hingga menemukan pertigaan yang ada tugu “BOGOR BERIMAN”, tugu tersebut ada di depan masjid gede. Ambil arah Cariu / Cianjur alias belok kiri dari pertigaan.
3. Lurus terus hingga ketemu pertigaan mengker, letaknya di kanan jalan. Patokannya  ada alfamaret, indomaret dan sekolahan yang berdampingan.
4. Belok kanan dan jalan terus mengikuti jalan tanpa berbelok. Oh iya jangan lupa memperhatikan kanan jalan ya belok hingga ketemu “Jalan ke Gunung Batu”

Perjalanan dari Bekasi sampai basecamp ± 2 jam perjalanan. Untuk simaksi tidak ada, yang ada biaya untuk retribusi parkir sebesar Rp. 15.000 / kendaraan. Kita berdua memutuskan untuk langsung summit ke Gn. Batu Jonggol. Dari pos II hingga puncak sih gak jauh tapi nanjaknya pedeeesssss, mirip Gn. Ungaran. Kalo kena hujan track akan licin banget, Alhamdulillah meskipun kemaren mendung mendung mengundang tapi waktu kita summit gak ada ujan yang turun. Rejeki anak solehah yeeeeyyyy hehehehe. Akhirnya kita sampe di camping ground, areanya sangat terbuka. Pepohonan berbatang tinggi yang tumbuh disini masih terhitung jari (mayoritas pohon berbatang tinggi hanya tumbuh atau ada di ketinggian antara 100 s/d 200 meter pada kaki gunung). Setelah camping ground baru kerasa tanjakan ekstrem hampir 90 drajat dan rata – rata tebing batu.

salah satu track menuju ke puncak
Yups di areal ini dipasang webbing untuk membantu para pendaki naik ke atas. Oh iya hati – hati saat naik ya gengs harus bener bener yakin dan mantep naiknya biar gak kepeleset dan batu pada berguguran.

Belum sampe di puncak, masih di tebing batu terakhir menuju puncak kita dan pendaki lainnya dikagetkan adanya salah satu pendaki lain (masih anak SMA) yang jatuh dari puncak Gunung Batu. Adanya kejadian itu banyak yang panik dan buru – buru turun (alhasil terjadi kemacetan menuju dan dari puncak Gunung Batu). Banyak juga yang mutusin untuk membatalkan untuk naik ke Puncak, tapi kita sabar nunggu sampai situasi kondusif (alias macet berkurang atau gantian) buat nanjak ke Puncak.

sembari nunggu macet berlalu
Setelah nunggu berapa lama,, finaly PPPPPUUUUUUUNNNNNNNCCCCCAAAAAKKK.
Alhamdulillah,

partner nanjak kali ini
bendera di puncak

-Salam Ransel-
IG @widyastutimugirahayu

Rabu, 27 Juli 2016

Pantai Ujung Negoro : Surga Tersembunyi Dibalik Proyek PLTU Batang

Berawal dari gak sengaja tapi nyenengin. Bisa dibilang unpredictable and unplaning holiday it's can be a best moment (maybe,, ehehehe). Pertama kita bedah dulu Ujung Negoro dimana, apa dan bagaimana. Orang batang, pekalongan dan sekitarnya pasti tau pantai ini. Berhubung gue bukan orang daerah situ, jadi maklum gak tau.

Gue kutip wacana di kompas, katanya nih :
"Pantai ujung negoro merupakan salah satu pantai yang indah yang terdapat di Kabupaten Batang Jawa Tengah.Terletak di Desa Ujung Negoro  kecamatan Tulis kab.Batang dan berjarak kurang lebih 17 km dari kota Batang.Pantai ini merupakan pantai dengan gugusan pasir yang indah dan sangat menyejukkan pikiran saat kita berkunjung ke sana. Kabupaten Batang sendiri merupakan kabupaten termuda di provinsi jawa tengah namun memiliki  potensi pariwisata yang sangat banyak.Dari wisata pegunungan ,wisata alam,dan juga wisata bahari,semuanya sangatlah menarik untuk kita kunjungi. Salah satu wisata Bahari yang saat ini menjadi potensi wisata daerah kabupaten Batang yang membanggakan adalah pantai Ujung Negoro Batang.Pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh turis lokal apalagi jika musim liburan tiba maka pantai ujung negoro menjadi tempat favorit untuk berwisata bersama bersama keluarga".

Jadi secara garis besar pantai ini udah lumayan terkenal dan jadi primadona (katanya) di wilayah tersebut. Pasti kalian tanya - tanya kenapa judul di atas ada kata - kata "Dibalik Proyek PLTU Batang", yups karena memang saat postingan ini di buat proyek tersebut sedang berjalan dan owner proyeknya PT. Bhimasena Power Indonesia (BPI) salah satu anak perusahaan PT. Adaro Energy. Rencananya sih bakal jadi PLTU terbesar di asia tenggara. Kita liat nanti deh, balik lagi ke pantai ujung negoro.

Gue ke lokasi tersebut bareng ama temen gue yang asli Pekalongan, namanya Hari Septian (sebut saja dia SAPRI). Gue nginep tempat sapri selepas turun dari lawu (thanks berat loh pri, sudah nyelamatin incess dari resiko nggelandang dari lawu). Gue kenal sapri dari anak - anak proyek PIR (Pondok Indah Residance), maklum lah aku mah apa atuh cuma buruh proyek. Dari rumah sapri naik motor berangkat jam 11.00 WIB (busyeeettt pantura panas banget dahh, gak ketulungan. mana debu, macet karena masih masa lebaran lengkap deh incess jadi ikan asin). Nyampe lokasi gue lupa jam berapa yang pasti udah lewat adzan dzuhur deh. Di pintu masuk kita ditarik biaya retribusi sebesar Rp. 5000 per orang. Langsung parkir deh kita..

Pantai ujung negoro bukan kayak pantai pantai biasa yang pasirnya banyak, tapi kayak semacam tebing gitu. Pantainya jauh di bawah hahahaha jadi kita harus turun tangga dulu. Ati - ati saat turun tangga, karena lumayan banyak anak tangga yang rusak gitu. Sampe di bawah kita di suguhi lautan luaaassssss memandang dengan deburan ombak. Gue kesitu pas lagi pasang jadi hamparan pasir yang keliatan sedikit banget. Untuk menuju ke hamparan pasir kita musti nyusurin jalan setapak kayak tebing. Jalannya sudah bagus karena memang dirawat.

Gak hanya keindahan di bagian pantai saja,tapi di pelataran yang sudah dibangun jadi keliatan bersih. Di beberapa sisi tempat disediakan tempat sampah sesuai jenisnya. Ada untuk sampah basah, kering serta khusus plastik. Bener - bener keliatan bersih dan rapi. Ada warung penjual makan sama arena bermai. Hamparan halaman pantai ini juga dihiasi pohon ketapang yang berjajar. Pohon yang memberikan kesejukan bila cuaca panas. Kesegaran udara khas laut langsung terasa berpadu dengan aroma pantai. Untuk lebih memanjakan pengunjung, tersedia dermaga kecil yang menjorok ke bibir pantai. Dari dalam bangunan kecil ini, pengunjung bisa menikmati panorama dan terlindung dari panas maupun hujan. Pandangan jauh ke laut lepas dapat dirasakan di dermaga ini. Disertai angin laut yang bertiup tanpa henti. Gairah keindahan yang sulit dilupakan.

Di sisi lain pantai, ada tebing dari bukit berbatu. Tebing ini bersinggungan langsung dengan pantai. Bangunan beton penahan ombak udah dibangun. Di atasnya disediakan jalan setapak, jadi bisa nikmatin pemandangan dengan aman. Di sisi lain bukit, ada gua kecil yang dikenal "Gua Aswatama". Gua ini tidak terlalu dalam.  Diatas bukit ada makam. Makam peninggalan Syeikh Maulana Maghribi orang sekitar nyebutnya petilasan.

Nah itu sekilas tentang Pantai Ujung Negoro, kab Batang. Sementara gue posting dulu tulisan ini, nanti bakal gue masukin foto - fotonya. Silahkan berkunjung ke Pantai Ujung Negoro kalo lewat Kab. Batang.

Salam Ransel & Lingkungan
Sepatu Tanpa kaca

GUNTUR : Miniatur Semeru, Kecil - Kecil Tapi Cabe Rawit

Gb. Gunung Guntur

GUNTUR... asing gak sih di telinga?? Banyak yang bilang sih "Semeru di Tanah Garut", "Miniatur Semeru" dan sebagainya masih banyak lagi. Meskipun gn. Guntur gak setinggi semeru cuma 2.249 mdpl, tapi jangan salah. Meski kecil tapi cabe rawit loh, pueeeddeeesssseee reekk. Treknya nyiksa batin eneng sepanjang perjalanan bang T_T (berasa pengen teriakkkkkk waktu itu).

Sebelum masuk ke ulasan, kita keppoin dulu yuk profil Gn. Guntur.
"Siapa sih dia? Apa sih dia?? Kayak gimana sih dia??"
Udah berasa ngeppoin gebetan hahahahaha. Gn. Guntur adalah gunung berapi yang berada di wilayah Garut, Jawa Barat dengan ketinggian mencapai 2.249 mdpl. Tipe gunung adalah tipe stratovolcano (berarti tipe berapi, kalo tipe kamu?? eaaa bapeerr). Gunung ini termasuk gunung berapi yang paling aktif di jawa pada dekade 1800-an. Tapi tenang gaes, itu dulu kalo sekarang aman di daki kok hehe. Meski gak terlalu tinggi tapi viewnya subhanallah (gue nyebut berulang ulang) ibarat lagu tuh kayak lagunya Andra and the Backbone "SEMPURNA", "PERFECTO",,, Mirip kayak view merbabu, sabananya itu loh bikin eneng gak tahan bang HAHAHA

gue, bang muhammad, bang rifa'i, mba een, pak budi, pak ibnu
pak agus dan bang rizal

Oke let's go to the story... gue berangkat bareng TEAM ROSELLA ADV yang udah punya basecamp di Cileunyi (pintu basecamp terbuka untuk pendaki yang mau gabung kok, katanya). Beruntung betul gue udah diajak sama Bang Muhammad (sebut saja begitu) walaupun dadakan (pas posisi masih di proyek ekye). Sekitar jam 18.00 tanggal 22 Juli 2016 gue di WA sama bang muhammad. Langsung deh gue muter otak, antara ikut sama gak ikut. Setelah menimbang, mengingat, mengetahui (berasa bikin undang - undang LoL) akhirnya gue setuju buat gabung. Gue di pesenin sama abang kece satu itu buat berangkat tanggal 23 Juli 2016 jam 06.00 / 07.00 WIB dari bekasi. Gue baru sampe kost bekasi jam 02.00 WIB (maklum cewe proyek alias kuli T_T, aku mah apa atuh cuma kuli bangunan) langsung tidur, bangun jam 04.00 WIB buat packing, mandi sholat dll. Dari kost sekitar jam 05.00 dianter abang ojek online (thankies bang ojek udah mau terima order pagi - pagi buta, love you...) ke terminal bekasi. Alhamdulillah dapet Bus PRIMAJASA AC Jurusan Garut, ongkos sampe cileunyi Rp. 45.000 / orang. Nyampe cileunyi jam 08.30 WIB, gue turun di pintu keluar tol sambil nunggu jemputan (eaaa...) mata ini mulai nyari dimanakah indomart / alfamart berada buat numpang ke WC plus beli sarapan. Pucuk dicinta ulam tiba, yang di tunggu - tunggu akhirnya datang juga bagaikan pangeran berkuda putih yang ngejemput princess (apaasiihh ini >,< hahaahaha). Sampe di basecamp gue dikenalin sama 2 pendaki lain, satu namanya bang rifa'i (asal jakarta) satunya mba een (asal cirebon). Gue langsung cuci muka, kaki, tangan dan lanjut tidur di basecamp. Jam 14.00 WIB gue bangun dan baru sadar "Lah ini kapan mau nanjak?? Emang gak kelamaan??", gue tanya nuh sama mba een ternyata kita masih nungguin pendaki lain yang mau ikutan dan belum selese kerja. Jiahhh jebakan batman, ngapa pula gue berangkat pagi - pagi buta dari bekasi hmmm -_______-

Sekitar jam 19.00 WIB semua personil lengkap dan kita prepare lagi apa apa yang bakal dibawa ke gunung, yang nggak begitu dibutuhin ditinggal termasuk kenangan bersama mantan eaaaa >.< HAHAHA. Kita berangkat dari basecamp ke pos pendakian pake AVANZA pak ibnu (thanks berat pak ibnu). Oh iya kita nanjak berdelapan gengs. Pak ibnu, pak budi, pak agus, bang muhammad, bang rizal, bang rifa'i, mba een dan gue sendiri (sepertinya gue yang paling muda disini hehehe). Sampe di pos pendakian sekitar jam 22.00 WIB, kita langsung markir mobil dan ndaftar ke pengelola buat simaksinya. Biaya simaksi kemarin delapan orang 122.500,- (buat per orangnya pecahin sendiri ya gengs). Kita cus berangkat, paling depan pak budi dan selaku sweeper bang muhammad.

Kita mulai trek sekitar pukul 23.00 WIB via curug citilis (katanya sih ada 1 jalur lagi yaitu jalur langsung memasuki savana diatas tempat penambang pasir). Jalurnya jelas dan rindang tapi... selepas jalur ini, akan berubah jadi pendakian semi scrambling karena jalur yang menanjak tajam dengan batuan besar. Kudu ekstra hati - hati ngelewatinnya (gue ngarasa sih kayak lagi ndaki tebing curugnya hahahahaha). Kita sampe POS 1 tepat jam 00.00 WIB. Setelah ngelewatin curug dan posisi di atas curug citilis kita masuk ke track yang dikelilingi padang savana (karena malem jadi gue gak ngerti pemandangannya kayak apa) dan sampe ke POS 2 atau 3 gitu batas terakhir ngecamp dan sumber mata air terakhir. Kita sampai sekitar pukul 02.00 WIB, langsung gelar tenda bikin kopi bagi yang ngopi gue sih enggak hehehe minum air putih aja (karena alasan tertentu gak boleh banyak minum yang aneh aneh, maklum PRINCESS hahaha).

Kita istirahat sebentar dan mutusin bakal ngetrack ke puncak sekitar pukul 03.00 WIB. Kita ngebawa yang perlu dibawa aja karena trek di depan itu sangat - sangat bikin frustasi (incess lelah bang hahahaha), karena jalur pendakian bakal lebih berat. Jalur yang tadinya tanah, sedikit demi sedikit berubah menjadi batu kerikil yang mudah lepas dan longsor. Setapak demi setapak jalur dilewati, tips buat nanjak jalur kayak gini cari jalur yang ada rumputnya buat ngurangi kejadian kepeleset. Pohon hijau hampir gak ada dan yang paling ngengsarain kemiringan 45 - 55 drajat sempurna, gue nebak sih hampir 70 drajat sih (incess pengen nangis rasanya T_T). Mendekati puncak 1 jalur semakin ekstrim dan terjal, ditengah jalur pendakian akan ditemui pohon pinus yang berdiri sendiri (kasian pohon pinusnya gak ada pasangannya T_T, baper again hahaha). Kita sampai di puncak 1 sekitar jam 05.30 WIB alhamdulillah bisa liat sunrise, dan masih ada signal yeyy.
Kita langsung bongkar carrier, cari nesting bikin kopi aku nyender plus bobo cantik bentar (maklum pelor >,<).

Ternyata eh ternyata puncak sebenernya masih jauh dari puncak 1 (PHP bener nih gunung T_T, pengen nangis lagi gue hahahaha). Kita lanjut ke puncak utama atau puncak 2, tracknya masih sama persis waktu mau nanjak puncak 1 yappp pasir dan krikil again. Sekitar 40 menit sampai ke puncak 2 pemandangan bebas tersaji di depan mata, kita bisa liat kawah gunung guntur, dan view gunung lainnya seperti Gunung Galunggung, Gunung Cikuray dengan gagahnya yang berbentuk segitiga sama sisi sempurna, Gunung Papandayan yang selalu berasap, dan utara ada Gunung Ciremai. Oh iya disini terdapat Tugu GPS pertanda puncak guntur yang dibuat oleh tim delegasi ITB. Kalo kita balik badan, masih ada puncak dari gunung guntur yaitu Puncak 3. Karena kabut yang turun tebel banget makanya kita mutusin tidak nanjak ke puncak 3, kita memutuskan untuk turun ke camp.

Selama perjalanan turun, kita ketemu pendaki lain dan nyempetin buat foto - foto. Oh iya untuk turun disarankan pake jalur batu ya gengs biar cepet dan mudah. Kalo mau nanjak gunung ini, disaranin pake sepatu dan jangan sampe kesel ya kalo sepatunya bakal jadi korban alias jebol hehehehehe. Kemudian jangan lupa jaga ego masing - masing, karena "Bukan Gunung yang Kita Taklukan, Melainkan Diri Sendiri".

Satu quotes yang gue suka banget :

"Mendaki gunung adalah salah satu kegiatan yang tidak mengenal lelah. Sang pendaki akan mendaki jauh dan lebih jauh lagi tapi tak akan pernah sampai tujuan. Mungkin itulah yang membuat mendaki gunung punya daya tarik tersendiri. Sang pendaki akan selalu mencari sesuatu yang tidak akan pernah dia temui"
-Hermann Buhl-

Sekian postingan kali ini, makasih sebelumnya buat teman - teman pendaki yang sudah berkenan hati untuk ngajak gue ke Gn Guntur.
-Salam Ransel-

Sepatu Tanpa Kaca

Selasa, 26 Juli 2016

Puncak Lawu yang Tertunda

Setelah sekian bulan gak naik naik lagi dan eyke ngerasa jenuh gegara gak ada kerjaan di kantor (berasa MAGABUT dan ngerasa mengalami kegendutan dini) hehehe gw mulai penasaran dan searching searching destinasi berikutnya. Berharap iseng - iseng berhadiah gitu sambil nyari - nyari inspirasi hahahahaha. Ternyata iseng gue ngebuahin hasil. Eng ing engggg.... hasilnya dapet temen barengan ke puncak tertinggi di jawa barat. Mana lagi kalau bukan CIREMAI eaaaaaa.... Gunung yang berada di 3 kabupaten (Majalengka, Kuningan dan Cirebon). Ketemu deh gw sama pendaki expert yang udah jam terbang tinggi, mondar mandir ke CIREMAI udah kayak keluar masuk mall (istilah doang gaes..) namanya bang Muhammad asal indramayu kerja di MM2100 dan ada satu lagi cewe namanya Desi asal tangerang, karawaci. Kita ngeplan buat nanjak lewat WA (sumpah aplikasi ini ngebantu banget, thanks buat yang udah nyiptain What's app gue acungi jempol, disaat BBM membutuhkan signal stabil hanya WA yang ngertiin gue,, eaaaa) maklum gw kuli yang kerja di tempat susah signal.. Kita ketemuan nuh sambil bukber di MOR Kranji Bekasi buat susun ITIN dan preparation pas hari sabtu (bebarengan pas gw kuliah dan lagi ngerjain CSMS Pertamina, sampe gw bawa nuh berkas - berkasnya). Maaf loh bang kalo gw gak fokus betul pas preparation. Rencana kita bakal naik via Apuy Majalengka pas H+1 (sumpah bingung betul dari kampung Purwokerto gue naik apa ke majalengka, tapi ya wes lah direncanain dulu). Technical meeting kelar, dan tinggal tunggu hari H.aja........ Deg deg ser betul mau naik ke Gn Ciremai yang terkenal angker brayyy,, secara gw takut ama yang begituan. hehehe

Malemnya hp gue bunyi "Ting Tung" beuhh perubahan rencana lagi, kita rubah jalur pendakian yang mulanya via Apuy, majalengka jadi via Palutungan, kuningan (dalam hati bersyukur banget, karena transportasinya lebih gampang) hehehehehe. Pas tanggal 1 Juli 2016, gw udah mulai libur dan gw manfaatin buat packing carrier, sleeping bag, tenda, hammock buat gw bawa ke kampung sekalian. Tanggal 2 Juli 2016, gue balik ke purwokerto tertjinta pake kereta tut..tuttt..ttutt.. gujes.. gujesss naik kereta api hahahahahha. Tanggal 6 Juli 2016 gue bilang tuh sama kakung - utti mau ke majalengka tapi ternyata kita sekeluarga pergi ke solo bray.. Dengan berat hati gw WA grup pendakian ciremai bahwa gw "MEMBATALKAN DIRI" sedih banget deh. Terlebih, gegara carrier udah kepacking dan berat - berat dibawa balik kampung eh gak jadi berasa nangis darah T_T (sorry lebay dikit).

Tepat tanggal 7 Juli 2016 kita ke solo, gw searching lagi mana tau bisa dapet backup plan. Dan ternyataaa taraaaaa.... gue diajak ke LAWU sama bang ASMI via cemoro kandang (thanks my bro, you're my hero). Cepet - cepet deh gw search transportasi ke cemoro kandang dan alhamdulillah gak begitu susah walaupun harus ganti - ganti kendaraan. Bersyukur pula gw mutusin bawa carrier ke solo (gak sia sia) hehe. Kita ngumpul di St. solojebres 09 Juli 2016 jam 01.00 WIB dan sambil nungguin carteran mobil dari bang ASMI. Setelah nunggu, akhirnya dapet mobil AVANZA buat ngangkut rombongan kita ke cemoro kandang (biaya 225.000 per mobil). Oh iya kita berangkat ber lima (3 cewe 2 cowo).

Sampe di basecamp cemoro kandang sekitar jam 04.00 WIB, kita langsung ngurus simaksi (per orang 15.000) dan mutusin tidur dulu di aula basecamp. Kita sepakat nanjak jam 06.00 WIB dari basecamp secara lumayan juga puncaknya.
Ngatur carrier, nggelar matras mbuka sleeping bag dan molor... oh iya di meskipun di bawah alias di basecamp tetep aja dinginnya minta ampun (dan ternyata suhunya 10 drajat, pantessaaannn princess udah berasa kayak putri salju HAHAHAHA). Yap lagi lagi, plan is just a plan... kita bangun jam setengah 7 hellowwwww, buru buru deh gue ngebangunin itu anak - anak. Setelah beberes, peregangan, cuci muka dan berdoa kita cuss deh nanjak. Diputusin urutan personil 1. Slamet, 2. Gue, 3. Nessa, 4. Ippeh, dan 5. Bang Asmi (as a sweeper). Kita nanjak tanpa ada muka dosa sedikitpun (hahahah), karena kali ini gue nanjak bareng 2 anak abege cewe yang lumayan rumpi beuuhhh rame betul. Ya nyanyi lah, ya ngledek lah, ya ini lah ya itulahh dan kebanyakan istirahat. Gue saranin kalo mau minta istirahat seengaknya liat tempatnya ya gaes, jangan asal minta istirahat istirahat, seenggaknya cari tempat yang datar dan bisa buat duduk.

Dari basecamp sampe POS 1 lumayan jauhh, dan herannya dari tadi kita gak ketemu pendaki lain baik yang mau nanjak maupun yang mau turu. Biasanya di POS 1 ada orang jualan, tapi berhubung ini masih nuansa lebaran ya sepi adem ayem gak ada yang jualan.

Setelah istirahat sebentar kita lanjut lagi perjalanan ke POS 2. Dalam perjalanan, leader kita bang asmi ngeliat carrier nessa agak miring - miring gitu jadinya ya dia usulin buat ngebongkar packingan dan alhasil kita berhenti semua dan sambil nunggu re-packing selesai. Sekitar jam 12.00 WIB kita baru sampe POS 2. Gue nggelar matras cari pohon dan duduk dibawah pohon sambil tiduran, sembari nunggu yang lain. Kita sholat, masak dan bercanda - bercada. Gue mending milih bobo cantik di bawah pohon. Setelah istirahat selama 30 menit, kita mutusin untuk lanjut ke POS 3. Setelah bebenah, entah kenapa gue langsung nyeletuk dan ngingetin "Gengs,, tenda udah pada aman belum?? perlengkapan lainnya gimana?"

Bagaikan tersambar petir "CETAARRRRR",, baru pada sadar 1 tenda cap 3 / 4 org ilang. Beuh langsung pada frustasi. Yang tadinya pada rame langsung diem seribu bahasa sambil saling pandang pandangan. Kita semua duduk sambil nanyain beberapa pendaki yang lewat, hari ini kita berlima ngeblank alias gak inget sama sekali itu history itu tenda kemana. Setelah 3 anak debat kusir (Gue sama Slamet mah diem aja), kita mutusin buat turun aja dari pada nantang maut di atas (nanjak tanpa tenda, ibarat keluar tanpa baju). Kurang lebih pukul 17.30 WIB kita sampe di di basecamp cemoro kandang. Bang Asmi selaku leader langsung lapor ke ranger di basecamp, kebetulan beliau kenal dengan rangernya (maklum bang Asmi anak PURPALA). Kebetulan di basecamp lagi ada camping ceria yang di adain sama KPG Solo, dan berhubung 4 orang temen nanjak kali ini juga anak - anak dari KPG Pekalongan kita di suruh ikut gabung kegiatan mereka.

Kita mutusin untuk ngecamp di basecamp cemoro kandang dengan tenda satunya lagi dan 2 anak dan joint acara KPG Solo. Besok paginya, kita bangun telat dan langsung masak sarapan pagi. Kita turun sekitar pukul 12.00 WIB pada tanggal 10 Juli 2016. Kita pake omprengan dari cemoro kandang sampe terminal tirtonadi, solo (biaya 250.000 per mobil). Gue akhirnya mutusin buat ikut ke Pekalongan dulu sebelum balik ke Jakarta. Setelah nyari - nyari bus, ternyata bus yang dari Solo ke Pekalongan gak ada jurusannya. Alhasil kita musti ke Terminal Semarang atau ikut jurusan Jakarta berhenti di pekalongan. Sekitar jam 16.00 WIB kita dapet bus jurusan Solo - Semarang (biaya 40.000 / orang, harga naik karena lebaran). Sampai di Semarang sekitar pukul 22.00 WIB karena macet. Karena kita kemaleman jurusan Semarang - Pekalongan ternyata sudah abis, so mau gak mau naik bus jurusan Jakarta tapi turun di Pekalongan. Si abang kondektor langsung nembak harga transport 70.000 / orang sampe di Pekalongan. Beuuhhhh,, mentang - mentang lebaran kali yee. Akhirnya gue tawar 30.000 / orang, tapi abangnya keukeh. Ya berhubung kita butuh buat balik ke pekalongan akhirnya sepakat 40.000 / orang. Bobo cantik deh kita di bus, Alhamdulillah.....

Oh iya, gue post poto - poto selama perjalanan ya gengs.. let's see..

Sekian untuk postingan kali ini. "Cintai Alam-mu Seperti Mencintai Diri sendiri dan Kedua Orang Tua-mu"
Salam Ransel
-Sepatu Tanpa Kaca-

Selasa, 10 Mei 2016

Gunung Papandayan Yang Selalu Berkabut

Setelah sekian lama vacum dari travelling gegara janji yang harus di penuhi bisa cek di IG gue @sepatutanpakaca dan akhirnya punya waktu juga. Bersyukur atas keputusan resign yang gue ambil. Akhirnya gue bisa travel lagi, alhamdulillah.

Tulisan kali ini akan ngebahas trip ke Gunung Papandayan. Yups bener banget, gunung yang terkenal landai dan cocok buat pemula. Tingginya kurang lebih 2.665 mdpl (lumayan juga kan??) dan lokasi ada di Garut, Jawa Barat. Sebetulnya tracking kali ini gak terencana bagi gue, intinya gue ikutan nimbrung ke liburan orang. Asli gak kenal sama sekali kita, sampe sampe ditanya sama temen,
Temen 1 : "Seriusan lo mau berangkat?? Gak takut Lo? Gak ada yang kenal sama sekali loh.."
Saat itu gak ada rasa aneh - aneh gimana sih, soalnya always positive thinking, so just let it flow ajah.
Kita berangkat ber delapan dan 1 orang anak umur 3 tahun.

Lets start to the topic... JENG JENG JENG...
Kita berangkat tanggal 05 May 2016, rencana awal dari terminal bekasi jam 04.00 WIB maximal jam 05.00 WIB udah cao dari bekasi (berhubung high season jadi takut macet). Plan is just a plan, yups namanya orang indonesia ya pasti ada ada aja deh. Ibarat ekspetasi vs realita, kita baru berangkat jam 05.30 WIB. Gue sih berangkat dari metland tambun sekitar jam 03.30 WIB dianter (sama abang GOJEK, thanks berat bang udah mau nganterin eneng -____-) biar sampe diterminal jam 04.00 WIB. Yup nyata sampe jam 04.00 WIB nyampe terminal sendirian kayak orang ilang nunggu di mushola (lumayan bete sih, bayangin aja hampir 1,5 jam berlalu..) udah mirip orang kurang sajen. Secara malemnya gue balik dari proyek dan nyampe metland tambun sekitar jam 00.00 WIB dan kudu bangun jam 03.00 WIB. Setelah nunggu nunggu dan nunggu alhamdulillah yang ditunggu dateng, jam 05.30 WIB rombongan dateng bawa perlengkapan camping (makasih loh pak Albar udah nyiapin buat aku juga HEHEHEHE), kita kenalan deh semua. Fix kita berangkat pake PRIMAJASA non AC, cuma ngrogoh kocek Rp. 40.000 (dari bekasi ke garut gak ada yang AC ya gaes :D). Lama waktu tempuh kurang lebih 12 jam (udah kayak balik ke jawa aja) jadi ngerasain sauna gratis, puasa dan pucet semua deh ah hahahha.

Sampe di terminal garut sekitar jam 16.00 WIB, sempet ditanya pak albar "gak papa kan kalo naiknya malem?". Gue sih oke oke aja, mau malem kek siang kek pagi kek yang penting seneng. Nyampe di terminal kita langsung bersih - bersih di toilet terminal (airnya dingin euy) dan makan siang yang tertunda. Oh iya kalo mau beli makan di terminal Garut cari yang dibelakang aja ya guys, kalo di depan lumayan ibuk - ibuknya suka nembak harga jadi lebih tinggi. Terus kita cari angkot buat ngebawa kita ke atas guys, negonya per orang Rp. 20.000 (itu belum sampe diatas ya..), lanjut lagi naik pick up Rp. 20.000 / orang. Selain pake pickup bisa naik ojek (tapi bukan ojek aplikasi ya, soalnya belum ada dan pastinya harganya bakal ngempesin kantong xixixixiixi). Di atas pickup mulai deh gue akrab-akrabin diri sama temen - temen rombongan. Maklum tipe susah inget nama soalnya. Pernah salah kira salah satu dari kelompok yang gue kira abang - abang calo mobil pickup ternyata temen nanjak bareng huahahahahah mungkin saia lelah (maaf ya mas radian, gak ada maksud sungguh gak inget). Aku mah apa atuh daya ingat cuma 1%. Ternyata kita semua satu profesi guys dan mereka orang PROYEK atau kontraktor. Alhamdulillah ketemu sama orang yang bisa sharing. Apalagi mereka expert di bidangnya masing masing.
Oke lanjut.....

Sampe di gerbang pendakian sekitar jam 19.30 WIB, oh iya biaya masuk kemaren Rp. 10.000 / orang, katanya sih Rp. 15.000 / orang. Tapi kemaren gegara nego si mas Agung jadi dapet discount Rp. 5000, lumayan bisa beli baso ikan hehehe. Berhubung udah malem dan liat kondisi fisik KEIKO (anaknya pak albar), so kita mutusin gelar tenda di POS 1 pendakian dan mutusin buat lanjut nanjak besok pagi jam 06.00 WIB (planning aja). Kenyataan kita nanjak jam 07.30 WIB hahaha gegara aku kelamaan di toilet. Oh iya untuk fasilitas di Gunung Papandayan lumayan lengkap ada toilet, air bersih dan orang jualan kok. Nih gue attached gambar - gambar kemaren. Persiapan kita sebelum nanjak ke POS 2 atau pondok saladah. Yup gue yang jilbab merah yak (narsis dikit) hehehehe. Oh iya lebih baik pake sepatu gunung atau sandal gunung buat nanjak, jangan pake slip on, atau kets yang licin. Tracknya lumayan terjal buat gunung tipe landai soalnya.

Oh iya temen nanjak kali ini ada mba sofi (hem kotak - kotak), mas sandri, mas agus, mas agung, pak albar (pake baju doraemon), bu mita (baju kuning), keiko (anak 3 tahun), mas radian (baju tosca) dan gue sendiri. Kita sampai pos 2 kurang lebih makan waktu 2 - 3 jam (maklum kebanyakan berhenti istirahat dan narsis tapi bukan alay ya). Lanjut sampe di POS 2 kita cari - cari area buat gelar tenda, dan karena buanyak buanget pendaki yang dateng (biasa high season) kita nggelar tenda di area yang lumayan agak jauh dari POS 2. Kita langsung masang tenda dan masak - masak buat makan siang. Yeaaayyy lunch time.

Makasih loh bapak - bapak rela masak masakin kita - kita, sampe nungging - nungging gitu masaknya (sorry mas radian). Tenang kok sampah kita beresin lagi secara kita naik gunung bukan jadi alay tapi passion kita dan kita anak lingkungan hehehehe (agak lebay dikit). Di POS 2 ada kamar mandi dan WC juga kok, mau beli baso ikan juga ada. Sekitar pukul 15.00 WIB hujan deres, ya udah kita lanjut bobo bobo cantik di dalem tenda. Alhamdulillah tempat yang kita pilih buat camp gak kena banjir, turut prihatin buat rekan pendaki yang ngecamp di POS 2 yang kena banjir yak T_T ikut syedih ogut. Lanjut bakar - bakar kayu bakar buat ngangetin badan sembari masak buat makan siang. Oh iya di Papandayan masih banyak binatang liar terutama Babi Hutan tau yang sering disebut EMEN (orang - orang ngomongnya gitu sih). Kemaren sempet dibelakang tenda tetangga ada si EMEN tapi EMENnya pergi kok. Salah satu cara biar babi hutan gak ndeketin tenda kita bisa buat api unggun ya guys dan semua makanan jangan di sisain (maksudnya makanan mateng, kalo liat babi hutan jangan ngaggetin si babi. Takutnya si Babi nyerang kita guys. Semalem itu gue bareng mas radian, mas agung sama mas sandri kumpul - kumpul di deket api unggun sambil sharing - sharing dan janjian naik ke puncak besok pagi jam 05.00 WIB.

Pas jam 05.00 WIB kita jalan nyusurin gunung buat nanjak. Nyiapin bekel yang mau dibawa (yang bawa satu orang doang, makasih loh mas agung hehehehe). Yang lain masih tidur kita udah jalan hehehe. Jangan lupa bawa senter ya guys, penting banget itu soalnya. Satu - satunya penerangan yang bisa ngebantu kita di gunung. Jalur tracking ke puncak lumayan terjal dan tinggi guys, tapi gak bakalan nyesel deh.

Ibarat kata :
"semua yang susah dan terjal keliatannya pasti menyimpan sesuatu yang indah dibaliknya"

Dan bener banget gak ada penyesalan sedikitpun naik ke puncak Papandayan. Alhamdulillah masih dikasih kesempatan buat ngelihat kebesaran ciptaan-NYA. Seperti yang tertulis di surah Ar-Rahman :
(Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?)
Gue post beberapa foto - foto kita pas di puncak ya guys. Adanya foto ini maklum masih belum di email sama temen - temen hehehehehe.

Satu saran gue buat kalian ya guys : Jangan pernah menyia - nyiakan nafas yang telah di berikan oleh Allah SWT untuk hal - hal yang tidak berguna dan manfaatkanlah kesempatan untuk hal berguna sebelum titipan nafas itu diambil oleh-NYA

Di puncak ada danau dan bunga abadi yang cuantik buanget guys (pasti pada tau bunganya namannya apa dong), disini ada yang ngecamp juga kok. Gak kebayang dinginnya kayak apa hehehhehe. Lanjut dari puncak tegal alun, kita ber-6 turun dan mampir ke Hutan Mati Papandayan. Wajib dateng kesini loh, walau namanya agak ngeri ada kata - kata MATI, tapi bagus banget kok. Nih gue post foto - fotonya.

Sorry penulis agak narsis dikit, nyelipin fotonya hahahhahaha. Habis itu kita turun ke camp buat beberes dan lanjut turun gunung. Hmm lumayan juga dapet 3 hari 2 malem digunung guys. Oh iya buat angkutan yang kita pakai angkutan pribadi gitu sih. Mobil xenia punya lokal, per kepala bayar Rp. 50.000 ini sampai terminal loh ya. hehehehe. Kalau bisa jam 15.00 WIB udah harus sampai di terminal ya, denger - denger bus terakhir jam segitu sih. Oke sekian dulu tulisan gue, makasih udah rela, mau dan nyempetin waktu buat baca - baca. Satu hal lagi gunung bukan tempat sampah masal, so bawa balik sampah kalian ya kalo naik gunung.